Home » pelatihan dasar kontrol automatik

pelatihan dasar kontrol automatik

Program Pengabdian Masyarakat

Pelatihan Dasar Kontrol Automatik Untuk Menunjang Kebutuhan Kurikulum Instrumentasi Dan Kontrol Di SMKN 1 Cimahi

Prodi Teknik Fisika

Fakultas Teknik Elektro

Universitas Telkom

12 Agustus 2018

 

Kemajuan sistem kontrol otomatik dalam bentuk teori maupun praktik akan memberikan kemudahan dalam mendapatkan unjuk kerja sistem dinamik, mempertinggi kualitas, menurunkan biaya produksi dan penghematan energi.  Pengetahun mengenai sistem otomasi perlu diperkenalkan kepada masyarakat khususnya masyarakat pendidikan dengan harapan untuk mempersiapkan peserta didik mampu memahami aplikasi otomasi pada peralatan modern, memahami prinsip kerja, dan diharapkan dapat mengaplikasikan dasar otomasi sesuai dengan kebutuhan dan permasalan di daerah masing-masing.

Upaya memperkenalkan teknologi otomasi dapat dilakukan dengan berbagai metode, diantaranya dengan memperkenalkan dasar-dasar kontrol otomatik melalui proses pembelajaran yang dapat dilakukan secara fleksibel, praktis dan menarik. Dasar-dasar kontrol otomatik yang akan diperkenalkan tentunya dengan mempertimbangkan aspek segmen pendidikan yaitu tingkat pendidikan menengah, mengingat pada strata tersebut  pengenalan lebih awal tentang dasar-dasar kontrol tersebut sudah harus diberikan.

Kegiatan pengabdian masyarakat  ini diadakan di  SMKN 1 Cimahi Jawa Barat sebagai tempat berlangsungnya pelatihan  keterampilan dasar dalam memahami prinsip kerja sensor, aktuator gerak, sistem mekanik hingga sistem kontrol PID. Alasan dipilihnya SMK tersebut mengingat di sekolah tersebut terdapat Jurusan Instrumentasi Industri dimana muatan kurikulumnya sudah kompeten dengan materi pelatihan dasar kontrol otomatik yang diberikan.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada tanggal 11 Agustus 2018 yang diikuti oleh siswa sebagai peserta pelatihan sebanyak 30 orang. Dalam pelatihan ini, penyampaian materi dilakukan oleh tiga orang dosen Teknik Fisika yang dibantu dengan 12 mahasiswa Teknik Fisika sebagai asisten. Penyampaian materi ini dibagi menjadi tiga sesi, dimana materi pertama berisikan tentang Teknik Pengukuran Sensor I, materi kedua yaitu Teknik Pengukuran Sensor II, dan materi ketiga yaitu Basic Control. Untuk pelatihan uji coba alat kontrol automatik yaitu dengan sistem mengunjungi stand dan tanya jawab antar peserta dan pemateri.

 

 

  • Lampiran Dokumentasi Foto

 

Gambar 1 Peserta pelatihan berdiskusi tentang mesin kontrol RPM bersama salah satu pembicara dari mahasiswa

 

Gambar 2 Dosen dan Trainer memberikan penjelasan tentang sistem kontrol PID

 

Gambar 3 Trainer sedang memberikan ilustrasi prinsip pengukuran jarak

 

Gambar 4 Peserta, Trainer, Dosen, dan para Guru berfoto bersama setelah acara pelatihan